Anak ke-4 dari Dinasti keluarga Jackson: Keluarga dan pemegang royalti musik pop terbesar di dunia.

Jermaine Jackson memulai debutnya pada tahun 1967 sebagai anggota grup musik The Jackson 5 sebagai penyanyi dan pemain bass dari band ini. Dianggap sebagai salah satu fenomena terbesar dalam musik pop selama awal 1970-an, kombinasi bakat dan koreografi musikal Jackson 5 yang luar biasa telah memberi keluarga ini status sebagai keluarga pop di dunia musik yang kemudian berperan dalam peluncuran solo karier untuk Jermaine dan Michael.

Jackson 5 kemudian dikenal sebagai The Jacksons ketika Jackie bersaudara, Tito, Marlon, Michael dan Randy masuk ke CBS Records, sementara Jermaine tetap setia pada Motown dan melanjutkan karir solonya. Jermaine dan saudara-saudaranya bersatu kembali pada tahun 1984 saat puncak kesuksesan Jermaine sebagai artis solo yang mapan, dan merilis album terlaris mereka victory yang diikuti oleh Victor tour mempertunjukan 55 konser kepada 2 juta penonton dan penjualan tiketnya berhasil menjadikannya rekor penjualan tiket terbaik.

Dikagumi oleh jutaan penggemar di seluruh dunia, The Jacksons mengubah pandangan terhadap musik populer selamanya. Keunikan pop-funk yang penuh perasaan dari Jackson, katalog hits mereka yang panjang, dan pertunjukan mereka yang sempurna membuat mereka berada pada salah satu jejeran musik yang dicinta sepanjang masa. Idola yang tidak seperti dalam sejarah musik lainya, Jacksons mendefinisikan ulang, menemukan kembali, dan menghidupkan musik populer seperti yang kita kenal. Selama lebih dari 50 tahun, Jermaine dan saudaranya telah tampil di atas panggung di depan orang banyak di seluruh dunia dan telah mencatat hits sebagai sebuah grup musik dan juga sebagai artis solo. Sementara ia terus tampil di seluruh dunia, Jermaine juga mengembangkan konsep-konsep panggung yang baru.

Memiliki salah satu suara paling elegan di industri musik populer dan menjadi gitaris bass berbakat yang dinamis, Jermaine Jackson menjejakan kakinya dalam bentang musik serta meningkatkan ambang batas untuk generasi mendatang. Vokal unik dan fantastis dari Jermaine Jackson tergambar dalam berbagai lagu yang dirilis, mencakup 14 album solo, lebih dari 50 buah single, 10 buah album kompilasi, 2 buah album dengan The Jacksons, dan lebih dari 20 buah album dengan The Jacksons 5.

Selain membuat musik dengan saudara laki-lakinya dan juga bersolo musik, Jermaine Jackson memberikan banyak kontribusi sebagai vokalis, penulis, produser dan arranger dalam kolaborasinya
dengan seniman lain, seperti Whitney Houston, Melissa, Adnan Sami, Sofia Marikh, Jocelyn Brown, Lydia, Theresa Rhodes, Syreeta Wright, Rita Coolidge, Táta Vega, Switch, LoveSmith, Thelma Houston, Boys Next Door, Mandy Lee dan Cher Lloyd. Saat ini, Jermaine mendampingi anak-anaknya Jaafar dan Jermajesty untuk memulai karir mereka dan juga mulai merekam musik.
Jermaine Jackson adalah pemain luar biasa, namun sayangnya banyak diremehkan pemain Bass lainnya.

Sebagai orang yang ternama dan menjalani kehidupan di mata publik, Jermaine Jackson adalah seorang tokoh TV yang berpartisipasi dalam berbagai pertunjukan (reality show) dan tentu saja
menghiasi berbagai sampul majalah. 

Melalui lagu, penampilan, pertunjukan, pidato dan pernyataan - pernyataannya, Jermaine Jackson melakukan berbagai upaya kemanusiaan serta berkontribusi pada banyak organisasi amal melalui program kemanusiaan dengan mengumpulkan dana dan menyalurkannya kembali untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Pada tahun 1989, setelah melakukan perjalanan ke Bahrain, Jermaine berpindah agama menjadi Islam. Nama Islamnya adalah Mohammad Abdul Aziz Sharif.

Selain menjadi musisi, pemain musik dan pelaku kemanusiaan, Jermaine Jackson adalah seorang pengusaha. Selalu berusaha menjaga api semangatnya, Jermaine Jackson tidak hanya bergerak dalam dunia musik namun juga di dunia hiburan, perhotelan, perhiasan, jam tangan dan makanan & minuman untuk membuat mimpinya menjadi kenyataan dan mewujudkan konsep-konsep kreatif yang dimilikinya.

Pada akhirnya, Jermaine sedang dalam misi untuk membuat dunia mengingat seberapa hebat saudaranya. Jermaine secara terbuka membela saudaranya Michael ketika dia mengalami masa-masa sulit dan dia mencatatkan kenangannya di buku "You Are Not Alone, Michael: Through A Brother’s Eyes", terbit pada tahun 2011. Buku ini adalah potret indah Michael yang penuh kasih sayang, pribadi yang cerah seperti pada mulanya. Pada tahun 2013, buku ini telah direvisi dan diperbarui sepenuhnya. Memoar Jermaine Jackson mendapatkan penjualan terbaik Amazon dan New York Times!

Beberapa anak Jermaine, Jaafar dan Jermajesty adalah generasi berikutnya Jacksons,mereka sedang bersiap untuk melanjutkan Warisan...


Terima kasih kepada Ruben Westhoff & Margaret Santosa untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia.